Sunday, November 17, 2013

Sekilas Teknik Kimia

Assalamu'alaikum sobat lucu di luar sana :)
Sudah lama kita tak bersua, berbagi cerita, dan saling berpegangan tangan (?)

Udah liat judulnya kan? Berarti udah tau dong kira-kira bahasan kali ini apa? Yap. teknik kimia.
 
Kenapa harus Teknik Kimia? Well, jadi jurusan yang gue impikan baru-baru ini adalah teknik kimia. Yaa.. emang sih, sudah berjuta-juta kali gue ganti-ganti 'jurusan idaman' hehehe. Mulai dari kedokteran, DKV, teknik sipil, tenik lingkungan, keperawatan, ekonomi, fisika, matematika, ilmu komputer; semuanya pernah gue jadikan mimpi. Lebih tepatnya mimpi semu...
Tapi gue serius. Kali ini, gue pengen banget kuliah di jurusan Teknik Kimia. Alasannya? Karena gue mulai tertarik sama pelajaran kimia :3
Terus kenapa gak milih Kimia MIPA aja? Well, Kimia MIPA itu bahasannya bikin ngantuk *eh. Gak deng, denger cerita dari kakak yang lulusan Kimia MIPA UI *anjas*. Dia cerita kalau Kimia MIPA itu sangat sulit. Kesulitan ini bukan berada pada tes masuknya, tapi justru pada proses menuju kelulusan. Sulit. Bahkan kakak gue yang udah 'dewa' sempat merasakan pahitnya gak lulus. Baru sekian lama dan sekian banyak mengeluarkan usaha semaksimal mungkin hingga titik darah penghabisan, kakak tercinta dan tertua itu pun lulus dengan nilai sempurna ;) 
Sempat juga dia memberi gue 'advice' tentang jurusan kuliah yang akan gue ambil:
  1. Kedokteran aja. Kata dia sih, gue tipe anak yang belajarnya itu nonstop, rajin banget ngerjain tugas, dan dia yakin kalau gue masuk kedokteran, gue bisa lulus dalam jangka waktu 3 tahun. Hanya saja, gue gak suka banget sama biologi, sementara kedokteran itu isinya dominasi ke biologi --" jadi gue hapus itu wejangan.
  2. Kimia MIPA. Dia bilang, gue sangat menguasai bidang ini, tinggal gimana caranya mempertahankan. Tapi, gue gak suka sama ke-main-stream-an MIPA. Jadi, wejangan ini gue hapus juga.
  3. Terakhir adalah Teknik Kimia. Berbau kimia, dan gue suka dengan materi yang akan dibawakan. Seru dan menarik. Selain itu, jurusan ini juga manjanjikan untuk kerja di perusahaan besar dengan gaji yang besar ^^
Yok, kita ke pembahasan tentang Teknik Kimia! Cekidot..

Teknik Kimia adalah ilmu yang mempelajari rekayasa tentang bagaimana caranya menghasilkan suatu produk (dengan reaksi kimia dan segala ketentuan di dalamnya) yang berguna untuk kehidupan manusia. Jadi kalo misalnya orang Kimia berusaha meneliti detail mengapa suatu reaksi bisa terbentuk, nah orang teknik kimia berusaha menemukan bagaimana produk reaksi itu bisa dioptimalkan dengan menghitung ketepatan suhu, alat dan bahan, biaya yang dikeluarkan, hingga tercipta suatu produk yang nantinya bisa berguna buat kehidupan.
Keren kan?
Lalu, dimana seorang Teknik Kimia mendapat pekerjaan? Jawabannya, bisa dimana-mana. 
Bisa kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, di industri, di laboratorium, kerja sebagai guru bimbel, dosen, tapi ada pekerjaan yang benar-benar dituju untuk lulusan Teknik Kimia, seperti: perminyakan, berbagai pabrik-pabrik besar, industri kimia, dan masih banyak lagi yang masih belum tersentuh oleh wawasan gue yang cukup terbatas ini. Hehehe.

Intinya, Teknik Kimia itu seru pake banget. Bisa menemukan suatu produk yang awalnya hanya berupa reaksi umum biasa. Hmm.. Pasti nanti orangtua akan bangga dengan anaknya ini kalau nanti mereka melihat bahwa anaknya adalah seorang penemu.. Ilmuwan terpelajar dan terdidik..
Dan akan sangat menyenangkan kalau gue bisa lebih baik dari kakak-kakak gue yang sudah membanggakan itu :') bisa berpenghasilan yang cukup untuk berinvestasi buat masa depan. That's so great and I wanna grab it!!

Selain Teknik Kimia, ada lagi kok jurusan dari fakultas Teknik yang keren-keren dan menjanjikan. Seperti Teknik Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Elektro termasuk sederet jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cukup bagus.
Tapi kalem aja, gue di sini bukan menghasut kalian supaya ke jurusan ini.. Tapi cuma mau berbagi tentang apa yang gue ketahui selama ini.. Just keep calm.. Jurusan apapun yang kalian ambil, jika kalian memang menginginkannya, merasa bahagia di jurusan itu, bertekad keras, fokus di sana, pasti kalian lebih sukses dari yang kalian bisa duga awalnya. Percayalah...

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com