Friday, April 18, 2014

Sinopsis Drama Korea: Jewel In the Palace (Dae Jang Geum)

Assalamu'alaikum..
Postingan kali ini membahas tentang sinopsis salah satu drama Korea yang sangat gue suka sejak kelas 6 SD. Ini drama udah sering nongol di tivi tepatnya di channel yang terkenal akan animasi naga-nya yang 'cihuy' hehehe.
Waktu itu sempet drama ini diputar ulang di channel yang tadi gue sebutin, cuma sayangnya belum sampai setengah jalan, entah kenapa drama itu udah gak disetel lagi. Argh. Kesel. Amat. Sangat.
Ehm. Kenapa gue suka sama drama ini? Jadi, drama ini tuh bener-bener menyentuh hingga ke ubun-ubun *apasih*.
Drama Jewel in the Palace menceritakan tentang sejarah Korea yang terjadi pada masa dinasti Joseon (Chosun) atau tepatnya sekitar 500 tahun yang lalu. Jewel in the Palace diangkat dari sebuah kisah nyata seorang wanita yang bernama Jang Geum. Jang Geum mengukir sejarah dengan menjadi dokter wanita pertama yang memiliki jabatan tertinggi di Kerajaan. Yang padahal pada zaman itu sangat dilarang seorang dokter berjenis kelamin wanita. Intinya, zaman Joseon sebenarnya adalah zaman dimana laki-laki dianggap lebih berkuasa dibanding wanita yang hanya diangap sebagai 'pelayan'. 

Jang Geum sebenarnya adalah anak seorang dayang istana. Hingga orangtuanya meninggal karena konflik yang sangat keras, yang mengakibatkan Jang Geum harus tinggal bersama keluarga yang hanya mengandalkan hidup melalui berjualan (jualan apa gue lupa. Hehe maaf).
Awal masuk istana, Jang Geum sering didiskriminasi, entah oleh teman-temannya ataupun gurunya. Teman-teman Jang Geum menganggap kalau ia bukanlah apa-apa, ia hidup di keluarga miskin, dan bagaimana bisa keluarga miskin memasuki istana? Oleh karena itu mereka menganggap Jang Geum masuk istana dengan cara curang. Padahal sebenarnya, ia tidak curang, ibunya adalah seorang dayang, dan sangatlah pantas bagi anak seorang dayang untuk masuk ke istana. Hanya saja, Jang Geum tidak mau memberitahukan hal itu sebagai pembelaan, karena itulah yang diinginkan ibunya untuk tetap menjaga rahasia akan jati diri Jang Geum yang sebenarnya.
Meskipun sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan, tapi Jang Geum tetap bersemangat meneruskan cita-citanya untuk bekerja di istana. Ia tidak menyerah, malahan, ia selalu mendapat nilai terbaik di setiap kompetisi dan ujian memasak. Tak jarang pula masakannya mendapat pujian dari Raja.

Perjalanann Jang Geum sebagai dayang tidak mudah. Meski ia pintar, berbakat, tapi ia mempunyai musuh bebuyutan. Musuhnya itu bernama Choi Geum-young. Dibantu dengan bibinya, dia menjalankan misi yang benar-benar menjatuhkan Jang Geum, bahkan sampai Jang Geum dikeluarkan dari istana.

Lalu, bagaimana seorang dayang istana bagian dapur istana bisa menjadi dokter? Saat dikeluarkan dari istana (diasingkan ke pulau Jeju), Jang Geum belajar mengenai medis dengan salah satu tenaga medis di pulau pengasingan itu. Sebenarnya, Jang Geum mempelajari medis bukan karena keinginannya, melainkan sebagai cara agar ia bisa kembali ke istana dan bertugas sebagai perawat istana.
Nah, di sinilah konflik dimana Jang Geum mulai menunjukan dirinya sebagai dokter wanita pertama di Korea. Mau tau kelanjutannya? Oh. Engga ya? Yaudah, gak apa-apa :')
Oiya, selama Jang Geum berjuang melawan kemelut hidup, ia selalu didampingi oleh seseorang yang setia di sampingnya, yaitu Min Jung-ho yang merupakan panglima kerajaan. Jung-ho ini bener-bener setia sama Jang Geum, bahkan ketika ia diasingkan, Jung-ho tetap kerap kali menjumpai Jang Geum, membantunya dalam segala hal, dan men-support-nya. Pada awalnya mereka tidak mau mengungkapkan perasaan satu sama lain, tapi pada akhirnya, kebenaran mulai terungkap dan mereka akhirnya menikah dan hidup bahagia :)

Hmm drama ini berjumlah 72 episode.. Dan akan sangat panjang kalau diceritakan di sini, kasian kan adminnya :'( hehehehehe. Kalau masih ada yang penasaran, langsung aja cari-cari drama kece ini, entah pinjem DVD-nya, download (kalau bisa sih jangan, soalnya banyak dan bakal makan waktu banget -_-) atau nungguin hingga drama itu muncul lagi di tivi :)


Drama Korea satu ini 'mostly recommended' buat kalian pecinta drama (terutama yang berbau kerajaan dan sejarah). Meskipun berbau sejarah, tapi drama ini gak ngebosenin. Ciyus deh.

Oke, itu sekilas tentang drama Dae Jang Geum, sekian dari admin yang sedang insom pada jam 1:25 dini hari.. Mohon maaf bila ada kesalahan di postingan kali ini.. Terimakasih atas perhatian kalian semua, Wassalamu'alaikum :)

2 comments:

  1. Mantaaaap.. Luar biasa

    ReplyDelete
  2. Bagus banget filmnya, jadi merenungkan lika liku kehidupan. Orang yang jujur dan teguh pendirian akan menang di kemudian hari. Bagus buat teladan kehidupan. Saluut buat filmnya juga rapiii👍😃

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com