Monday, November 25, 2013

Cek Pakaian Muslimah-mu

Assalamu'alaikum.. :)
Saudariku yang cantik dan saudaraku yang ganteng. Yang shalih dan shalihat.. Apa kabar? Hehehe kali ini ana mau share tentang pakaian seorang wanita muslim. Hmm.. banyak ya perempuan yang ngaku islam tapi diliat dari luarnya, kita sendiri masih bertanya-tanya: "dia islam atau bukan?"
Nah.. Itulah fungsi dari pakaian muslimah.. Untuk apa? Untuk membedakan mana yang muslimah, dan mana yang bukan muslimah. Sebelumnya, ana mau kasih tau tentang perbedaan kerudung, jilbab, hijab, dan khimar. Hayo.. Masih banyakkkkk muslim dan muslimah yang belum bisa membedakan istilah ini. Biar gak salah-sala lagi, yuk kita ulas.

KERUDUNG
Kerudung adalah penutup kepala. Jadi, bisa dibilang kalau kerudung bukan cuma dipakai oleh wanita muslim, tapi bagi yang non muslim, mereka berhak bahkan sering memakainya. Kerudung tidak dianjurkan dalam Islam. Kerudung hanya sebatas menutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita. Misalnya, perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah, mereka wajib menutupi rambut mereka, seringkali mereka mengggunakan kerudung yang dikenal dengan nama tiche.

KHIMAR
Nah, khimar ini sudah tercantum di surat An-Nur ayat 31. Khimar adalah segala sesuatu yang dapat menutupi rambut, kepala, leher, dan dada tanpa menutupi muka. Pakaian ini dijulurkan hingga menutupi dada wanita, menutupi punggung, bahkan menutupi tulang selangka. Khimar ini tidak dikaitkan ke leher seperti kerudung, supaya tidak memperjelas bentuk lekuk leher dan dada.

HIJAB
Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dan al-hijab bisa diartikan dengan benda yang menutupi sesuatu. Dalam Al-Qur'an, hijab artinya penutup (secara umum). Bisa diartikan kalau hijab bisa berupa tirai pembatas antara ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan).

JILBAB
Jilbab, bukanlah kerudung. Jilbab adalah baju jubah atau pakaian longgar yang menutupi seluruh anggota tubuh, dengan kata lain, aurat perempuan.

Nah, itulah ulasan tentang definisi istilah yang seringkali mengecoh kita.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menutup aurat. Banyak wanita yang mengaku sudah berjilbab, tetapi pakaian yang dikenakan masih bisa terlihat lekuk tubuhnya. Bahkan khimar yang dikenakan masih bisa memperlihatkan leher dan rambutnya (alias menerawang).

Ini, ana share apa aja yang harus kita ketahui tentang berjilbab yang syar'i:
1. Menutupi dada dan seluruh tubuh
2. Tidak memperlihatkan bentuk tubuh (lekuk leher, lekuk badan, lekuk paha dan betis dsb)
3. Tidak menerawang (bisa pada bagian khimar yang terlalu tipis)
4. Mengulurkan bukan melilitkan
5. Tidak ketat
6. Tidak ada punuk unta
7. Tidak untuk bermegah-megahan

Untuk poin nomer 6 (tidak ada punuk unta), alasannya ada pada H.R Muslim:
"....Para wanita yang berpakaian namun telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita yang seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak mencium baunya..."
Ngeri, kan? Seperti apa sih punuk unta itu? Nih ana kasih liat berjilbab dengan punuk unta:




Jelas kan? Lagipula, berjilbab dengan gaya sepeti gambar di atas itu gak enak diliat loh :)

Coba deh cek gambar ini. Menurut kalian, lebih sejuk ngeliat yang mana?
Yang ini:



Atau yang ini:


Sama-sama berjilbab, tapi kesannya beda 'kan?

Yang lebih memprihatinkan lagi, sekarang ini banyak style jilab yang mulai aneh-aneh.. Lilit sana, lilit sini, pakaiannya pun ketat, dan terlihat badannya. Hmm.. Banyak orang yang bilang berjilbab itu repot dan susah. Tapi, kenapa ada yang menciptakan model jilbab yang lilitan dimana-mana, terlihat repot dan kita masih memakai itu? Yaa.. Intinya, simple but syar'i aja..

Hmm.. Ada lagi yang sering bertanya: "make celana tapi berjilbab boleh ga?"
Sebenarnya boleh, memakai celana, tapi dengan tambahan dan patut digaris bawahi apabila celana itu tidak ketat. Dalam arti lain, celana itu bukan celana jins atau legging. Ada fakta yang sangat mencengangkan, kalau sering menggunakan celana jins atau yang ketat lain, bisa memicu rusaknya rahim seorang perempuan yang mengenakannya. Dan ana yakin setiap perempuan pasti ingin rahimnya terjaga sempurna. Jadi, benahi pakaianmu mulai dari sekarang :)

Memang, perempuan yang berjilbab belum tentu baik.. Tapi, perempuan yang baik-baik pasti berjilbab..
Jilbab bisa menentukan jodohmu loh :) Kalau kamu sudah menutup auratmu, menjaga auratmu hanya untuk pasanganmu, insyaAllah, pasanganmu nanti juga seorang yang bisa menutup auratnya, dan menjaganya hanya untuk kamu, pasangannya :)
Kamu pasti akan merasa aman dengan pakaian muslimah-mu.. Karena tidak akan ada laki-laki nakal yang mau mendekatimu, merayumu. Bahkan, lelaki yang agamanya kuat pun belum tentu berani mendekatimu.. Bahkan nanti, untuk melamarmu pun mereka harus berpikir 2 kali.. Untuk apa? Untuk melihat ke dalam diri mereka, apakah mereka pantas untukmu atau tidak :) Karena, laki-laki yang baik hanya untuk perempuan yang baik, dan perempuan yang baik hanya untuk laki-laki yang baik pula.

Ana share ini bukan berarti ana sudah sempurna, tapi ini adalah kewajiban ana sebagai muslim untuk berdakwah.. Ana tau akan hal ini, dan ana sangat wajib membagikan ilmu ini untuk semua umat. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai benahi diri kita luar dan dalam.






Sumber gambar:
 

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com