Tuesday, December 17, 2013

Seputar Haid

Assalamu'alaikum... Haihai kalian :)
Kali ini ana mau share tentang seputar haid.. Hmm walaupun cuma sekilas, semoga bisa bermanfaat buat wanita cantik di luar sana ;) enjoy!

Pertama, kita harus tahu pengertian dari haid. Menurut bahasa, haid berarti sesuatu yang mengalir. Menurut syara', haid adalah keluarnya darah yang terjadi pada wanita secara alami, bukan karena penyakit, dan pada suatu waktu tertentu.
Jadi, darah haid bersifat normal, tidak disebabkan karena penyakit, luka atau keguguran.

Darah haid berasal dari penebalan dinding rahim untuk mempersiapkan proses pembentukan janin yang nantinya berfungsi sebagai sumber makanan bagi janin yang ada dalam kandungan. Jadi, seorang wanita hamil tidak mendapat haid, begitu pula dengan wanita menyusui, biasanya tidak mengalami hais terutama pada awal menyusui. Haid pada umumnya dialami oleh seorang wanita pada usia 12 sampai 50 tahun.

Hukum-Hukum Seputar Haid
Nah, ini nih yang harus kita ketahui sist.. Apa aja sih, larangan dalam Islam ketika kita sedang mengalami siklus haid? Biar gak keliru-keliru lagi, langsung aja kita cek disini ;)
  1.  Shalat, Nah ini sudah jelas. Bagi wanita yang mengalami haid, sudah jelas dilarang untuk mendirikan shalat, baik fardhu maupun sunnah, dan tidak perlu meng-qadha-nya setelah suci (kecuali jika ia mendapat sebagian dari waktunya sebanyak satu rakaat sempurna, baik pada awal maupun pada akhir waktu shalat tersebut).  
  2.  Puasa, Diharamkan bagi wanita yang sedang haid untuk melaksanakn puasa, dan harus meng-qadha-nya di hari lain jika yang ditinggalkannya adalah puasa wajib. Wanita yang haid di tengah-tengah puasanya wajib untuk membatalkan puasanya, meskipun hal itu terjadi menjelang maghrib. Dan jika seorang wanita mendapati dirinya suci sesaat sebelum fajar, maka dia wajib berpuasa (puasa wajib) meskipun baru mandi suci setelah fajar. 
  3. Membaca Al-Qur'an, Meskipun tidak ada dalil yang melarang wanita haid membaca Al-Qur'an, tetapi banyak ulama yang mengharamkannya. Syaikh Utsaimin mengatakan bahwa lebih utama bagi wanita haid tidak membaca Al-Qur'an secara lisan, kecuali jika diperlukan. Contoh ketika guru agama sedang mengajar di kelas dengan membaca ayat Al-Qur'an. Sementara dzikir sangat dianjurkan bagi wanita haid, dalam arti sama sekali tidak dilarang. 
  4. Thawaf, Diharamkan bagi wanita yang sedang haid untuk melaksanakan thawaf di ka'bah, baik wajib maupun sunnah. 
  5. Berdiam dalam masjid, diharamkan bagi wanita untuk berdiam diri di dalam masjid. Tapi, di sini ana masih bingung berdiam dalam arti bagaimana. Mungkin, dalam arti seperti tidak melakukan apa-apa di masjid. Ada tambahan nih, kalau wanita haid diperbolehkan masuk ke dalam masjid, tetapi dengan keperluan tertentu. 
  6. Jima', Dalilnya dapat dilihat dalm QS Al-Baqarah ayat 222.
Cukup banyak ibadah yang nantinya ditinggalkan oleh wanita yang sedang haid. Lalu, bagaimana jika kita ingin mencari pahala meskipun sedang berhalangan? Banyak jalan untuk tetap beribadah kepada-Nya. Berdzikir, sedekah, berdo'a merupakan kegiatan yang mampu menambah pundi-pundi pahala kita.

Selanjutnya, ana mau share bagaimana menjaga kebersihan tubuh selama haid. Hmm jangan sampai nih kita terbilang 'jorok' atau lebih parah sampai terkena infeksi.
Langsung aja nih tipsnya check this out!
  • Mandi setiap hari (sudah jelas sih hehehe).
  • Sesudah buang air besar, cucilah 'bagian belakang' dari depan ke belakang. Cara membersihkan yang kurang baik dapat berakibat buruk buat vagina dan saluran kencing. Karena, bisa jadi jika cara membersihkan yang salah itu, membuat kotoran yang ada di 'belakang' berpindah ke vagina dan berakibat infeksi.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun, jangan berbahan nilin. Bahan nilon tidak menyerap keringat sehingga memungkinkan bakteri untuk berkembang biak dengan subur.
  • Selama haid, sering-sering mengganti pembalut, minimal 2 kali sehari. Dan biasakan untuk mencuci vagina saat mengganti pembalut, jangan lupa mengeringkannya dengan handuk bersih atau tisu untuk mencegah terjadi pertumbuhan jamur.
  • Selama masa haid, beberapa wanita tak jarang mengeluarkan bau tak sedap, entah berasal dari darah haid ataupun dari badan. Untuk menghindari bau tersebut, ada baiknya menggunakan wewangian secukupnya sehingga mampu menyamarkan bau tak sedap tersebut.
Nah, itulah info-info yang bisa ana share seputar haid. Sekali lagi, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan. And keep spirit girls! Wassalamu'alaikum ;)

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com