Friday, January 11, 2013

SMA itu keras, Kapten!

kalo kalian udah baca judul di atas, pasti kalian tau dong, gue mau bahas apa.. iyap. tentang Sekolah Menengah Atas (SMA). amat sangat kebetulan sekali gue sekarang duduk di bangku kelas 10. istilahnya.. masih bau kunyit asem buat masuk SMA..

gue bersyukur banget bisa diterima di salah satu SMA favorit di depok, jabar. kenapa gue bisa bilang gitu?? jadi gini, gue suka keingetan masa-masa gue masih berjuang untuk ujian nasional a.k.a UN... segala macam buku, entah itu buku bekas, buku baru atau buku menang minjem, gue baca, dan gue pelajari. kadang gue suka nyatet soal-soalnya di binder kesayangan gue... pegel sih, tapi ini demi nilai, gue rela ngorbanin tangan gue buat nulis-nulis...
alhamdulillah, gue dapet kesempatan emas buat bimbel. itu semua berkat kakak perempuan gue... dia waktu itu kerja di bimbel *******, kebijakan bimbel itu, setiap pengajar atau staf yang punya keluarga kandung yang pengen bimbel, bakal dikasih diskon. diskonnya lumayan kok... gue lupa bayaran normalnya berapa, tapi yang jelas gue perbulan harus nyetor 200.000 buat iuran bimbel..
usaha gue gak cuma sampe situ.. gue juga ikut jam 0. yaitu, jam dimana kita masuk jam 6.00 dan mengikuti pelajaran tambahan.. mapelnya ya,, mapel yang di-UNkan. gue gak pernah dateng telat. yang ada gue selalu dateng kepagian. entah kenapa, mungkin itu adalah naluri gue sebagai siswi-nervous-UN... Try out gue di bimbel sih bagus, gue selalu masuk 10 besar dari semua pengikut.. tapi try out gue di sekolah tidak seperti di bimbel. masih ada pelajaran yang nilainya belum klimaks di mata gue.. tapi gue masih bisa bersyukur karena gue masuk 20 besar dari 360 siswa..
gue sempet nervous banget menjelang UN. lebih nervous daripada seekor sapi di malam idul adha.. rasanya lutut gue lemessssss banget buat melangkah keluar rumah menghadapi soal-soal penentu kelulusan. ortu gue dari belakang bersorak-sorai, melambaikan tangan, menitikkan air mata sambil memberikan support ke gue yang masih terperangah akan takdir UN..........
waktu itu UN dilaksanakn tanggal 23-26 April. hari pertama hari yang sangat unik. gue dan sahabat-sahabat gue dateng pagi jam 5.30 (padahal masuknya jam 7.30). kita langsung ke masjid, tempat ngumpul kita (basecamp). salah satu sahabat gue ngeluarin secarik kertas berisi abjad-abjad. itu adalah KJ. gue melongo. ha? KJ? awalnya gue sempet nyalin. mungkin itu gara-gara gue udah mulai gak karuan pikirannya/kelewatan nervous.. tapi gue dan sahabat-sahabat tercinta gue akhirnya membuang KJ itu.. serius. kita buang itu setengah jam sebelum ujian mulai. kita membuangnya di toilet cewe.. setan yang awalnya masuk di tubuh gue digantikan dengan malaikat yang membisikkan kata-kata mutiara di telinga. gue yakinkan mereka: "kalo kita pasti bisa tanpa KJ. ayolah, ini UN. udah saatnya kita tunjukin ke semua orang kalo kita mampu.. cemen tau gak make KJ? apa gunanya kalian beli buku UN? apa gunanya kita nangis rame-rame di masjid, memohon supaya UN kita dimudahkan jika akhirnya kita make sampah ini?? buang aja yuk.. gue takut di-cap munafik karena mengingkari diri gue sendiri...... dan blablabla". sahabat gue awalnya masih ngeyel.  gue tetep bersikukuh membuang kertas itu. merobeknya. tapi entah keajaiban darimana, kawan-kawan gue itu juga membuang KJ tersebut.. gue senyam-senyum. mereka juga.. co cwiiittt..... kita duduk diem di depan kelas, sambil bisik-bisik, "semoga kita bisa ya.. semoga nem kita bagus-bagus..." dan yang lainnya berseru "ammmiiinnnn".........
dari semua hari-hari UN, tetap hari ketiga merupakan hari suram buat gue.. waktu itu ujian matematika. gue udah yakiiinn banget gue bisa. selama bimbel, selama di rumah, pelajaran yang paling sering gue corat-coret adalah matematika. tapppiiii, ini semua berbeda. soal-soalnya menurut gue bikin keringet beku.. susah sih engga, cuma angka-angka dan bahasa matematikanya itu lumayan sulit dipahami. kadang juga jawabannya gak ketemu, kita harus itung ulang sampe ketemu. dan itu buang waktu banget.. gakkkkk cuma itu. masih ada satu hal lagi. yaitu pengawas! yap. pengawas gue berasal dari sekolah yang deket sama SMP gue. tebak sendiri. dia ini cowo. awalnya sihhh, kita ngiranya dia penuh dengan kedamaian dan gak mempermasalahkan keributan dadakan. tapi gak ada angin gak ada kentut, tiba-tiba itu manusia ngelongok ke kolong meja masing-masing peserta ujian. isi kolong meja semuanya diubek-ubek. dikeluarin. gue panik. meskipun gue gak pernah make KJ, tapi tetep aja gue ngeri. gue sempet mikir "jangan-jangan ada orang iseng yang mencoba menjebak gue, menjerumuskan gue sehingga dia naro KJ di kolong meja tanpa merasa berdosa dan kemudian pergi menunggangi naga sambil tertawa iblis...." pikiran itu tiba-tiba merasuk di otak gue. sampailah pengawas itu di meja gue. gue nahan napas. nahan kentut. nahan ngeluarin ingus. alhamdulillah meja gue cleannnn,, yeayy... kejadian itu cukup menyita waktu. karena entah kenapa, ruangan ujian gue tiba-tiba sunyi senyap, gak ada gerakan sama sekali. diem. pensil semua diem. gak ada yang nengok kiri kanan. semua menatap ke arah pengawas itu. keheningan itu akhirnya berhasil dipatahkan oleh temen pengawas cowo. yang satu ini adalah cewe. dia nyuruh kita untuk kembali lagi ngerjain soal. kita yang masih masang tampang bengong-bengong unyu perlahan mulai nunduk lagi dan ngerjain soal lagi. karena terlalu banyak buang waktu, masih ada beberapa soal yang gue belum isi, padahal waktunya bentar lagi selesai. gue jerit dalam hati. apakah ini namanya kiamat? oh tidak. gue gak lulus... gue gak lulllluuuuusssss....... dan jeder!! gue nembak jawaban. gue udah panik karena LJK udah mau diambil pengawas cewe itu.. tidaaakkkk.... maafkan anakmu ini, bundo..
*hari terakhir UN*. gue dan sahabat-sahabat gue kembali mendiami masjid. kita nangis disana. di saat temen-temen yang lain nongkrong sambil jajan, ketawa-tawa, senang karena UN berakhir, gue dan kawan gue semuanya nunduk sedih. kita sedih karena takut.. takut nilai kita anjlok. takut ngecewain orangtua. takut cuma jadi bahan cemoohan..... kita sharing tentang UN kemaren. ada yang nembak banyak, gak keisi beberapa soal, dan ada yang gak ketemu jawabannya.. gue? gue cuma bisa mendengarkan keluh kesah mereka. gue nunduk aja. sampe akhirnya kita bener-bener ngeluarin air mata.. nangis perlahan-lahan. waktu itu cuma ada gue dan sahabat-sahabat gue di masjid. yang lainnya udah merantau entah kemana.... jadi, gak ada yang denger suara sesenggukan dari tenggorokan kita..... begitulah, hingga akhirnya pengumuman datang. gue gak ikut ngambil hasil, yang dateng cuma ibu gue. gue tegang banget. otak gue udah melayang-layang jauh kemana. satu bagian memikirkan kalo gue bakal dapet hasil yang memuaskan tapi di bagian lain menggambarkan gue yang menangis bersama ortu gue, sambil megangin kertas pengumuman yang udah lusuh....... dimanakah gue berada?? dan kemudian, ibu gue pulang. jantung gue serasa mau pindah ke perut.. ibu gue cuma bilang, "nih, tolong beresin belanjaan ibu.." tanpa bilang hasil UN!! yaa Allah.. gue sesek. sambil nahan pingsan, gue nanya "bu, hasilnya mana?" ibu gue cuma jawab datar "tuh, ambil aja di tas. bagian dalem," yak. tanda-tanda nih.. udahlah put, gak usah dipikirin, taun depan bisa lebih baik lagi kan?? gue berbisisk dalam hati. gue tetep ngambil kertas itu. dilipet. di kasih amplop. bismillah, buka amplop. buka lipetan pertama. alhamdulillah bahasa Indonesia dapet 9.6. langsung breeeetttt.. buka lipetan terakhir.. oh!!!!!! alhamdulillah!!!! 36.85!! disitu gue lompat-lompat kegirangan, nunjukin ke sodara-sodara gue.. "heeyyy.. putri dapet 36.85... yeeeyyyy......." dan yang gue inget, gue neriakin nama sekolah impian gue...... sman 3 depok...

and here I am. sman 3 depok. sekolah yang dulu gue cita-citakan. bangunannya cukup luas. masih enaklah, buat maen 'tak umpet'... gue menjalankan MOPD selama 2 hari. yap. singkat. dan gue sangat bersyukur dengan adanya MOPD tersingkat itu........
seniornya baik, mukanya mungkin rada tua sih, tapi gakpapalah, namanya juga umur.... banyak cewe-cewe yang jejeritan ngeliat senior cowo yang 'katanya ganteng'. gue? gue cuma bisa manyun dan menenggelamkan kepala dalam ember karena gue gak punya senior yang begitulahhhh....... tapi taukah kalian? ada satu orang kakak kelas yang berhasil nyuri perhatian gue. siapakah dia?? kalian akan tau itu setelah membaca judul blog gue selanjutnya... hahaha...

lanjut ke benang merah. semester ganjil udah dimulai. gue masih semangat banget buka buku. karena, gue mikir, paling di SMA cuma gitu-gitu doang, yaaahhh, gak jauh bedalah, sama yang di tv-tv.. itu semua salah besar!! justru disinilah gue merasa tertekan... gue banyak dapet tugas numpluk dari guru-guru... terutama matematika. yap. buku matematika gue warnanya ijo. tebelnyaaaaa.. masyaAllah, lebih tebel dari make-up nya syahrini. dan setiap pertemuan, gue (dkk) diminta ngerjain soal dari uji kompetensi 1-7. kalian tau? setiap 'UK' itu berjumlah 5-9 soal.. tinggal itung sendiri deh, berapa jumlahnya.. tugas itu harus dikumpulkan dua hari setelah tugas itu diberikan atau maksimal sampe satu minggu baru dikumpulin.. soal-soalnya itu gak maen-maen, sob.. kita harus memutar otak atau menggabungkan rumus dari bab awal sampe bab yang kita pelajari, supaya akhirnya kita nemu jawabannya.. itu semua dikerjakan di buku tulis. pake cara.. hhuuuuffffttttt..

gak cuma MTK yang rese. semua guru setiap pertemuan pasti ngasih tugas bejibun. entah berupa makalah, ngerjain di buku tulis, atau tugas kelompok. dan rata-rata semua tugas itu hanya punya batas waktu satu minggu... wew..
di sini gue pulang jam 3 atau ngga jam 4. dari SD gue udah dibiasain namanya tidur siang, tapi SMA ini, tidur siang adalah barang langka buat gue.. pulang jam 4. masa iya, gue nyampe rumah jam setengah lima-an dan kemudian tepar di kasur tanpa dosa?? impossible. bisa-bisa gue dirayapin.
non-stoplah kegiatan belajar gue. pulang sore. nyampe rumah langsung mandi, makan. sholat maghrib. buka buku. sholat isya'. belajar lagi. kadang kalo beruntung, gue bisa tahan begadang sampe jam 2-an. semua itu untuk tugas..... kalo ulangan?? gue harus rela tidur cuma 2 jam dan makan sambil baca materi...
jadilah gue, punya kantong mata yang berkantong... biasanya gue kalo pagi gak berani ngeliat orang/natap orang karena gue takut tiba-tiba mereka yang tidak beruntung ngeliat sesuatu benda kecil di selipan mata gue dan nanya "baru bangun, mba??"
alhasil, nilai gue alhamdulillah rata-rata jeblok. apalagi namanya 'UTS'. nilai gue kebanyakan pada gak sopan banget. tega-teganya mereka menunjukkan angka yang sangat tidak pantas untuk dilihat. sangat menyakitkan mata ini, mata hati dan mata kaki...... tapi wali kelas gue. ehm. bilang ke gue dan bapak gue untuk tetap stay cool.. karena ini semua baru permulaan. mungkin kebanyakan anak merasa kaget dengan kondisi sekarang, makanya nilainya pada jelek-jelek.... hemmm baiklah....
lalu, gimana dengan tugas-tugasnya?? masih terus bergulir, bos... deras sekali. tugas yang paling nempel di otak gue adalah tugas autobiografi.. emang sih, keliatannya simpel.. tapi, hey tidak ingatkah kalian, kalo tugas gak cuma auto doang?? masih banyak tugas, ulangan dkk yang harus dilewati satu per satu.... ibarat kata, tugas di SMA itu kayak menghadapi monster berkepala banyak, yang setiap kepalanya ditebas satu, ia bisa menumbuhkan kepala lain yang lebih banyak dan lebih buassss.... sayangnya, guru-guru itu gak bisa diajak kompromi, sekali tugas tetap tugas. gak ada alesan untuk gak ngerjain atau telat ngumpulin.. kadang, gue suka pulang sore banget, hampir maghrib buat ngerjain tugas makalah yang berjumlah 3 makalah.... entahlah....

sekarang,, gue udah memasuki semester 2.. semester dimana menjadi awal penentu kenaikan kelas.. penjurusan termasuk didalamnya.. gue hanya bisa berusaha dan berdo'a supaya kali ini gue bisa lebih baik dari sebelumnya.. buka buku tiap hari, ngerjain soal-soal, bahkan menghafal sebagian materi......

sekedar curhat, kadang gue sambil belajar sambil mengingat-ingat masa lalu. masa SMP. sekarang, gue udah terpisah sama sahabat-sahabat gue. yang satu SMA sama gue cuma 3 orang. itu juga dua orang-nya lagi udah jarang ngumpul dan ngobrol deeekeettt seperti dulu. mereka lebih memilih membagi cerita bersama temen geng-nya. gue sih juga punya kelompok baru.. tapi mereka gak seperti kawan gue yang dulu.. kawan gue lebih bisa meluangkan waktu untuk stay di samping gue.. atau lebih tepatnya,, stay di dalem masjid.. sambil gadoin cimol.... sekarang? mereka hilang. ada yang di smanli, jakarta, hexa.. semua mencar.... kesenangan dulu udah ilang.. kesenangan dimana kita seneng nge-cengin guru *ampun, bu..* kesenangan dimana kita lomba makan keripik pedes 3 bungkus tanpa minum.... kesenangan dimana gue masih suka ngupil depan umum... -____- temen baru gue? gak ada yang bisa beraktifitas se-aneh itu.. gue merasa gak betah. mereka cuma bisa ngegosip gak jelas.... yang gue sendiri lebih suka ngegosipin alas bedaknya syahrini dibanding ngegosipin anak tenar di sekolah... *ini kiasan.*
itulah kenapa, gue suka bilang SMA itu keras. karena disini, kita selain dapet tugas bejibun, kita juga harus siap menghadapi anak-anak yang mulai dewasa. mulai malu untuk melakukan hal yang malu-maluin... yang berbanding terbalik dengan kegiatan SMP dulu........ kepolosan gue sejenak menghilang, gue mulai hanyut dalam masa muda yang menurut gue gak seunik saat SMP. mungkin seterusnya, gue bakal ngerasa kayak gini.... saat kuliah nanti, mungkin gue bakal ngerasain hal yang lebih berat dari ini.. apalagi orang-orang yang akan gue temui nanti lebih berbanding terbalik dengan sifat gue sebelumnya... entah itu orang-orang sok sibuk sehingga mereka terlalu banyak mengeluh, entah itu orang yang beneran sibuk sehingga mereka gak bisa diajak maen, entah itu orang yang sudah sangat matang pikirannya sehingga gak bisa diajak bercanda sambil belajar... membosankan.


tapi buat pembelajaran gue dan kalian juga, agar kalian tau, semakin jauh kita melangkah, semakin tinggi kita menanjak, maka semakin sulit pula rintangan yang harus dihadapi.. subjek yang harus kita kawani.. hingga organisasi yang harus kita geluti.. tapi ada baiknya kita menanggapi itu semua dengan kebahagiaan sebagaimana kita merasa bahagia.. buatlah kebahagiaan itu sedemikian rupa, gak peduli sesulit apapun kondisi kita, asalkan kita bahagia, maka semua itu akan terasa mudah..... happiness is the most important thing, guys ;)

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com